DEFINISI

Hatapoda.ID merupakan situs toko online yang menjual parfum, jam tangan, tas, dan perhiasan asli.

Segala aktivitas yang berhubungan langsung dengan situs Hatapoda.ID sepenuhnya diatur oleh syarat dan ketentuan di bawah ini dan wajib diikuti oleh setiap pengguna.

Pengguna merupakan orang yang melakukan aktivitas pada situs Hatapoda.ID. Bentuk aktivitas yang dimaksud bisa berupa mengakses, melihat, mendaftar, atau melakukan pemesanan dan/atau pembelian barang dari situs Hatapoda.ID

Konsumen adalah pengguna yang melakukan pemesanan dan/atau pembelian barang dari situs Hatapoda.ID

BARANG YANG DIJUAL

Barang yang dijual di situs ini sepenuhnya asli. Hatapoda.ID tidak menawarkan produk palsu ataupun replika dari merk terkenal.

Untuk mendukung produk UMKM di Indonesia, situs ini menjual beberapa jenis barang yang merupakan buatan tangan atau barang tradisional sehingga masih ada kemungkinan belum memiliki merk yang terdaftar pada lembaga berwenang.

Namun, kami tetap memastikan bahwa barang yang dijual tersebut bukan barang tiruan atau replika dari merk tertentu.

CARA PEMESANAN

Untuk melakukan pemesanan, pengguna melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  • Pengguna terlebih dahulu memilih barang yang ingin dibeli dengan mengklik tombol atau icon “Add to Cart”. Barang yang dipilih akan masuk ke dalam “Cart” (Keranjang Belanja). Pengguna dapat melanjutkan belanja dan memilih barang lain.
  • Setelah selesai memilih barang, pengguna kemudian mengklik menu atau icon halaman “View Chart” yang berada di sudut kanan situs. Pada halaman “Chart”, pengguna dapat menghapus daftar barang yang dipilih atau mengubah jumlah yang ingin dibeli.
  • Pengguna kemudian mengklik tombol “Proceed to Checkout” untuk masuk ke halaman “Checkout”. Pada halaman Checkout, pengguna mengisi informasi tagihan serta mengisi dan/atau mengubah informasi pengiriman.

Pengguna dapat melakukan pemesanan tanpa harus mendaftar terlebih dahulu pada situs Hatapoda.ID. Namun, untuk meningkatkan pengalaman belanja dan membantu konsumen memonitor pesanan, Hatapoda.ID menyarankan pengguna untuk mendaftar dan login pada situs Hatapoda.ID.

Sistem akan mengirimkan data pemesanan yang sudah berhasil dilakukan melalui email.

PEMBAYARAN

Semua transaksi pembelian di Hatapoda.ID akan diproses dalam mata uang Rupiah.

Untuk memberikan kemudahan dan keamanan bagi pengguna dalam melakukan transaksi pembelian, Hatapoda.ID menggunakan sistem pembayaran online melalui Doku Payment Gateway. Doku merupakan salah satu perusahaan payment gateway terbesar di Indonesia. Proses pembayaran akan diproses melalui sistem Doku sehingga memberikan keamanan tinggi bagi setiap pengguna untuk berbelanja online di situs Hatapoda.ID tanpa rasa khawatir mengenai kemungkinan pencurian informasi kartu kredit.

Pembelian akan diproses lebih lanjut setelah pembayaran terkonfirmasi.

BUKTI TRANSAKSI (INVOICE)

Sistem akan mengirimkan bukti transaksi ke email konsumen setelah pembayaran berhasil. Email tersebut dapat dianggap sebagai invoice dan merupakan bukti transaksi yang sah atas pembelian barang dari Hatapoda.ID yang dilakukan oleh konsumen.

Konsumen disarankan untuk menyimpan invoice dari setiap pembelian yang dilakukan di situs Hatapoda.ID.

PENGIRIMAN BARANG

Barang yang dikirim akan dipastikan sesuai dengan pesanan konsumen Hatapoda.ID.

Pengiriman barang menggunakan jasa ekspedisi yang dipilih oleh konsumen pada saat melakukan Checkout. Hatapoda.ID diperkenankan oleh konsumen untuk mengganti jasa ekspedisi dengan jenis paket pengiriman yang sama atau mirip jika ternyata ekspedisi yang dipilih oleh konsumen tidak menyanggupi pengiriman ke alamat yang dibuat oleh konsumen atau jika terjadi kendala lain yang mengharuskan Hatapoda.ID menggunakan jasa ekspedisi yang lain.

Semua pengiriman barang dilengkapi dengan asuransi pengiriman untuk menjaga agar barang tetap aman.

Sebelum barang dikirim, Hatapoda.ID telah melakukan pengecekan menyeluruh dan memastikan bahwa barang sudah dengan kondisi semestinya. Barang dikemas dengan rapi dan menggunakan pelindung agar dapat dikirim oleh jasa ekspedisi dengan aman dan meminimalkan risiko kerusakan selama pengiriman.

Estimasi jangka waktu pengiriman yang dibutuhkan yang tercantum di situs Hatapoda.ID merupakan informasi yang didapatkan oleh Hatapoda.ID dari pihak ketiga yang bekerja sama dengan Hatapoda.ID. Apabila ada perbedaan waktu pengiriman barang sampai ke konsumen dengan yang tercantum di situs Hatapoda.ID, bukan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Hatapoda.ID. Namun, demi pelayanan yang prima, Hatapoda.ID akan tetap melakukan tindak lanjut atas keterlambatan yang terjadi.

Konsumen diminta untuk memeriksa barang yang diterima dari jasa ekspedisi sebelum kurir dari jasa ekspedisi meninggalkan konsumen.

KEBIJAKAN PENGEMBALIAN BARANG & DANA (REFUND)

Kebijakan pengembalian untuk barang dan dana (refund) berlaku untuk kondisi sebagai berikut :

  • Barang yang sampai di tujuan tidak sama dengan barang yang dibeli dari situs Hatapoda.ID (salah kirim, tertukar). Untuk barang yang salah kirim atau tertukar, konsumen wajib menginformasikan dan mengembalikan ke alamat kantor Hatapoda.ID yang tercantum pada halaman Contact Hatapoda.ID. Informasi atas barang yang salah kirim atau tertukar dapat disampaikan melalui email langsung ke : halo@hatapoda.id atau melalui form yang ada pada halaman Contact Hatapoda.ID.
  • Barang sampai di tujuan namun dalam kondisi rusak dengan kesaksian dari kurir ekspedisi dan disertakan dokumentasi berupa foto. Hatapoda.ID berhak menentukan apakah barang tersebut dapat dikembalikan atau tidak.
  • Proses klaim barang rusak dilakukan maksimal 2 (dua) hari.
  • Barang yang dapat diterima oleh Hatapoda.ID untuk dikembalikan akan ditukar dengan barang yang baru dan sama dengan pesanan sebelumnya. Jika ketersediaan barang pengganti tidak ada, konsumen dapat memilih untuk mengganti dengan barang lain atau refund atau dengan kompensasi lain yang ditawarkan oleh Hatapoda.ID. Jika konsumen memilih untuk mengganti dengan barang lain, selisih kurang atas pembelian barang baru menjadi tanggung jawab konsumen dan wajib dibayarkan oleh konsumen. Sedangkan selisih lebih akan dikembalikan ke konsumen atau dapat digunakan untuk pembelian barang lain.
  • Pergantian barang, refund, atau pemberian kompensasi lainnya dapat dilakukan jika barang yang telah dinyatakan salah kirim, tertukar, atau rusak sudah diterima kembali oleh Hatapoda.ID.

Pengembalian barang tidak akan dilayani jika:

  • Kerusakan barang disebabkan oleh kesalahan konsumen.
  • Diluar syarat dan ketentuan yang terdapat pada halaman ini.

PEMBATALAN PEMESANAN

Hatapoda.ID berhak melakukan pembatalan pesanan yang telah dilakukan oleh pengguna jika pengguna belum melakukan pembayaran dalam waktu 3×24 jam.

PERUBAHAN SYARAT DAN KETENTUAN

Syarat dan ketentuan yang belum diatur dalam halaman ini akan diatur selanjutnya dengan tetap mengedepankan prinsip saling menguntungkan antara Hatapoda.ID dengan konsumennya.

LAYANAN HALO HATAPODA.ID

Hatapoda.ID mengedepankan komunikasi yang efektif dalam melayani konsumen atau menyelesaikan permasalahan yang muncul saat melakukan pembelian barang dari Hatapoda.ID. Oleh sebab itu, Hatapoda.ID menyediakan halaman contact, informasi alamat email, dan No. WA yang dapat digunakan oleh konsumen untuk berkomunikasi dengan secara langsung dengan Hatapoda.ID.